Thursday, October 14, 2010

SAVE THE EARTH_BY GRADE XII

TUGAS INDIVIDU
DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS
LINGKUNGAN YANG BERSIH
BY: THERESIA MAYA

Dalam tugas ini, yang akan saya lakukan dalam meningkatakan kualitas lingkungan yang bersih yaitu dengan dimulai dari diri sendiri. Yang saya lakukan yaitu menanam tanaman (jenis tanaman berpot). Adapun tanaman yang saya tanam yaitu sejenis tanaman yang bernama rumput Jepang.


Nama : Wilhelmina leli askadilla
kelas : XII

Inspirasi yang dapat saya ambil dari bacaan pada Kej 1: 1-24,adalah : Menggunakan listrik sesuai kemampuan.
hal-hal yang sudah saya lakukan :
1. sebelum nya, saya menggunakan seterika setiap pagi, namun sekarang,kami sekeluarga menyeterika satu minggu sekali, yaitu pda hari minggu.
2. sekarang,apabila sya tdak menggunakan lampu kamar untuk belajar, saya akan mematikan ny,saya selalu mematikan lampu kamar stiap hendak tidur.
3. dulu saya me'charge hp hmpir stiap saat,dan saat baterai belum penuh,saya sdh m'cabutnya, sekarang saya mengisi baterai hp hingga penuh, dan itu dpt di lakukan 3 hari sekali.
4. dulu, setiap air utk keperluan MCK habis,saya slalu menyalakan mesin,kemudian mematikan ny bila d'rsa cukup,namun sekarang, sya menyalakan mesin air 2 kali sehari,dan mengisi penuh semua bak air.
5. dulu saya sering menyalakan komputer,hanya untuk bermain game komputer, namun sekarang saya menyalakan komputer hanya untuk mengerjakan tugas saja.


Fransiska Viesta:
Laporan tentang “Penghematan listrik yang dilakukan dirumah”

Rumah saya memiliki lampu sebanyak ±25 buah. Setiap hari (terutama malam hari) lampu-lampu tersebut menyala sebanyak ±15 buah. Selain itu ada juga berbagai alat elektronik seperti televisi, kulkas, komputer, kipas angin dll. Biasanya alat elektronik yang paling sering digunakan adalah televisi, kipas angin dan komputer. Hal konkret yang bisa saya lakukan untuk mencegah terjadinya global warming adalah dengan mamatikan beberapa lampu yang tidak digunakan. Seperti lampu kamar tidur, lampu kamar mandi, lampu ruang tamu serta ruang keluarga. Total lampu yang bisa saya kurangi ada 8 buah. Untuk alat elektronik, biasanya saya menyalakan televisi atau kipas angin terus-menerus walaupun sedang tidak digunakan. Tetapi sekarang saya akan mematikan alat elektronik tersebut jika tidak sedang digunakan. Terkadang saya juga mengingatkan anggota keluarga yang lain untuk juga mematikan lampu atau alat elektronik lain yang tidak sedang digunakan.

Elisabeth Meiliana_Membuat Taman dan Memelihara Kucing

Florensia Nani_ Jalan Kaki untuk Hemat Energi
Langkah konkret yang saya lakukan adalah mengurangi pemakaian motor semaksimal mungkin untuk memperbaiki lingkungan.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah saat dimana saya diwajibkan pulang sore waktu itu untuk mengikuti matrikulasi. Tetapi saat mencari makan siang itu, saya dan teman teman berusaha untuk tidak menggunakan motor seperti biasanya, melainkan berjalan kaki menuju tempat makan terdekat.

Langkah kedua saya lakukan ketika harus membeli pulsa di tempat penjualan pulsa yang berjarak sekitar 50 meter dari rumah saya. Saya yang biasanya malas berjalan kaki dan lebih memilih menggunakan motor, pada saat itu bertekad untuk berjalan kaki saja.

Langkah ketiga saya ambil keesokan harinya setelah langkah pertama. Saya memutuskan untuk membeli handbody dll di warung terdekat yang berjarak sekitar 100 meter dari rumah saya dengan berjalan kaki. Walaupun cukup jauh tapi jika dilakukan malam hari tidak terlalu melelahkan.

No comments:

Post a Comment